Participant

Fictor Ferdinand

Fictor Ferdinand, biasa dipanggil Piki. Lahir di Bandung, sekarang tinggal di Sidoarjo bersama si kecil Avani dan ibunya, Indah. Piki tertarik pada isu-isu kedaulatan dan bagaimana manusia berhubungan dengan alam. Sejak 2001 Piki berkenalan, menjadi relawan, dan bergabung dengan YPBB. Saat ini menjabat sebagai Direktur Harian YPBB, dengan program utama mempromosikan gaya hidup yang berkelanjutan melalui kegiatan kampanye, pelatihan dan pendampingan, membangun model komunitas organis dan advokasi kebijakan.

Selain di YPBB, Piki juga aktif sebagai penggerak Koperasi Pendidikan Ura-Ura di Surabaya. Lewat Ura-ura, cita-cita kecil yang sedang digarapnya adalah membangun sekolah untuk memperluas kesadaran terhadap krisis dan mendorong upaya aktif untuk membangun wacana peradaban baru. Mimpi besarnya adalah membangun model masyarakat yang bertransisi secara sadar pada kehidupan yang selaras dengan alam.

Ura-Ura adalah koperasi pendidikan yang dirintis untuk menyelenggarakan alternatif kegiatan pendidikan secara kolektif, progresif, dan selaras dengan semesta.

Berangkat dari pemaknaan praktik pendidikan yang semakin jauh dari persoalan keseharian, ekslusif, memutus berbagai jejaring keterhubungan – dan dengan demikian menjadi media pelestari krisis, pendidikan di Ura-Ura dilakukan dengan telaah kritis terhadap struktur krisis serta membangun narasi serta model tandingannya.

Dapatkan tiket lokakarya Eksplorasi Pewarna Alam dengan Teknik Ikat Celup bersama Koperasi Ura2 sekarang, hanya tersedia tempat terbatas.